Thursday, November 28, 2019

Enting-Enting Gepuk

Enting-enting adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa dan dipadatkan. Rasa kacang dan manis dari gula menyatu dengan sangat sempurna yang membuat camilan ini terasa begitu nikmat.

Nah, makanan khas Jawa Tengah ini dulunya berasal dari daerah Salatiga. Namun, kini Anda sudah cukup mudah menemukannya. Hal ini dikarenakan enting-enting sudah tersebar di berbagai daerah dan biasanya menghiasi etalase toko oleh-oleh.

enting enting gepuk
Enting-Enting Gepuk

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

mendoan

Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Mendoan masuk dalam salah satu gorengan paling terkenal di Indonesia.

Namun, sebenarnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awalnya, makanan khas Jawa Tengah ini banyak ditemukan di daerah Purwokerto dan Banyumas
Di daerah tersebut, mendoan memang disebut dengan nama yang berbeda, salah satunya adalah tempe kemul.

Jika Anda berkunjung ke daerah ini, maka akan banyak penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Bahkan, ada produksi tempe khusus untuk mendoan yang siap pakai. Sangat menarik, bukan?

Lumpia Semarang

Jika Anda berada di kawasan Semarang tidak lengkap rasanya jika melewatkan waktu untuk mencoba lumpia khas Semarang. Lumpia adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal. Asal makanan ini memang dari Semarang meskipun kini sudah banyak menyebar di daerah lainnya.

Camilan khas ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dibentuk menjadi kulit. Setelah itu, kulit tersebut akan membungkus beberapa pilihan isi lumpia, seperti sayuran, udang, telur dan ayam. Menikmati lumpia yang hangat lengkap dengan cabai rawit yang pedas pasti akan sangat menggugah selera!

makanan khas jawa tengah - lumpia semarang
Lumpia Semarang

Kuliner Jawa

Kuliner Jawa adalah makanan khas daerah Pulau Jawa. Ada beberapa daerah di pulau Jawa yang memiliki rasa khas dai tiap-tiap daerah. Contohnya adalah Jawa Tengah yang memiliki rasa makanan dengan rasa manis yang lebih dominan dari rasa lainnya. Gudeg adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang memiliki rasa manis yang dipadukan dengan nasi yang tidak ada rasanya, sehingga rasa makanan akan terasa lebih seimbang antara manis, asin, dan asam.

Hasil gambar untuk gudeg
Gudeg Yogyakarta

Hasil gambar untuk makanan jawa tengah
Tempe Mendoan

Hasil gambar untuk makanan jawa tengah
Jenang Grundul

Wisata Kuliner

Wisata kuliner adalah wisata yang bertujuan untuk mencari atau menikmati suatu makanan khas dari suatu tempat/daerah yang memiliki rasa yang unik dengan ciri-ciri daerah tersebut. Wisata kuliner ini biasanya diminati oleh semua kalangan usia karena pada umumnya manusia memiliki rasa penasaran untuk mencoba sesuatu yang baru, terutama pada makanan.

Hasil gambar untuk makanan

Hasil gambar untuk makanan

Hasil gambar untuk makanan

Wisata Olahraga

Wisata olahraga adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan melakukan aktivitas olah raga yang menyenangkan, umumnya dilakukan di kawasan obyek wisata. Wisata olah raga merupakan salah satu jenis kegiatan wisata yang perkembangannya cukup pesat di negara kita, khususnya di kawasan obyek wisata pantai ternama semisal Bali, Lombok dan Anyer. 

Jenis kegiatan wisata yang masuk dalam kategori kegiatan wisata olah raga misalnya; Arung Jeram, Paralayang, Ski air, Memancing, renang, bilyard, golf dan lain-lain.

Hasil gambar untuk wisata olahraga

Hasil gambar untuk wisata olahraga

Hasil gambar untuk wisata olahraga