Pages

Pages

Friday, December 6, 2019

Tari Kecak

Tari Kecak menjadi salah satu magnet daya tarik wisata di Bali. Tari Kecak merupakan tarian yang diciptakan oleh Wayan Limbak, seorang seniman asal Bali. Tak banyak yang tahu, tarian ini populer karena kolaborasi Bali dan Jerman. Wayan Limbak mempopulerkan tarian ini bersama Walter Spies, seorang pelukis asal Jerman yang juga sahabat Wayan Limbak. 

Wayan Limbak menciptakan tari kecak karena terinspirasi dari gerakan Tarian Sanghyang yang semula berkembang di Bona – Gianyar. Kecak menjadi tembang atau suara yang mengiringi Tarian Sanghyang. Tarian ini merupakan tarian sakral yang biasanya hanya bisa dipentaskan di dalam pura. Wayan Limbak kemudian mencoba untuk mengganti Tarian Sanghyang dengan mengambil beberapa bagian dari cerita Ramayana agar dapat dikembangkan menjadi sebuah seni pertunjukan untuk umum.

Usaha Wayan Limbak untuk mengkreasikan dan mempopulerkan Tari Kecak ini pada akhirnya membuahkan hasil. Hingga kini Tari Kecak mengalami perkembangan yang luar biasa dan sudah dikenal luas oleh dunia. Kecak yang semula hanya berkembang di Bona – Gianyar semakin meluas ke wilayah lain di Bali. Saat ini sudah banyak grup Tari Kecak di Bali. Tari Kecak pun sudah sering dipertunjukkan pada berbagai festival. 


No comments:

Post a Comment